Tugas sekretaris sebagai representasi perusahaan maksudnya adalah sebagai rujukan informasi ketika ada pihak yang membutuhkan data-data yang lama,
mengingat salah satu tugas sekretaris adalah notulen (pencatat) kegiatan / rapat.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) representasi adalah perbuatan mewakili, keadaan diwakili dan perwakilan.Secara garis besar representasi bagi seorang sekretaris merupakan cerminan dari perusahaan tersebut.
Sekretaris Professional
Sekretaris professional harus memiliki dan bisa melakukan hal-hal berikut :
•Menampilkan Citra Perusahaan
•Baik dan Bertanggung Jawab
•Pandai menjaga Rahasia
•Mengetahui Teknologi Terkini
•Tahu accounting dan Pembukuan
•Harus bisa Bahasa Asing
•Mempelajari Karakter Pimpinan
•Mempunyai Etika yang Baik
•Pandai Berbicara didepan Publik
Menampilkan Citra Perusahaan
Citra perusahaan adalah hal yang harus dijunjung tinggi. Karena sekretaris adalah tangan kanan sang boss, maka sekretaris juga harus menampilkan citra perusahaan yang baik. Disinilah ETIKA dan TATA KRAMA sekretaris menjadi sangat penting diperhatikan.
Baik dan Bertanggung Jawab
Sekretaris juga harus ramah, baik dan bertanggung jawab pada semua tugasnya. Bukan hanya baik kepada boss tetapi juga kepada relasi dan kawan sekantor.
Pandai menjaga Rahasia
Sebagai tangan kanan boss dan selalu mendapat kepercayaan dari boss, sekretaris harus pandai menjaga rahasia perusahaan maupun rahasia pribadi sang boss.
Mengetahui Teknologi Terkini
Sekretaris bukan hanya harus pandai berdandan, tapi seorang sekretaris juga harus up date terhadap kemajuan teknologi misalnya kemajuan teknologi informasi dan internet.
Tahu Accounting dan Pembukuan
Accounting dan Pembukuan juga harus dikuasai oleh sekretaris agar bisa melakukan pembukuan kantor ( jika diperlukan ).
Harus Bisa Bahasa Asing
Menguasai Bahasa Asing merupakan nilai tambah yang harus dimiliki oleh seorang sekretaris. Karena biasanya sekretaris diminta oleh boss untuk bertemu dengan relasi dari luar negeri.
Paham Karakter Pimpinan
Seorang sekretaris dituntut agar mampu memahami dan mengerti karakter pimpinan perusahaan
dimana dia berada agar semua program kerja dapat berjalan dengan baik tanpa miskomunikasi.
Mempunyai Etika yang Baik
Seorang sekretaris juga harus mempunyai etika yang baik yaitu dalam berbicara, mendengarkan, gaya busana, cara makan dan minum , cara duduk ,dsb karena sangat berkaitan dengan citra perusahaan
Pandai berbicara didepan Publik
Kadang sekretaris diminta untuk menemani atas untuk melakukan presentasi menggantikan atasan. Karena itulah sekretaris harus bisa berbicara didepan publik atau pada saat meeting.
"Menerapkan tata krama yang baik adalah penting bagi sekretaris agar dapat menjalin relasi yang baik, baik dari internal maupun eksternal perusahaan. Disamping itu sebagai representasi bagi perusahaan , dengan tata krama yang baik, ia juga turut menjaga nama baik perusahaan"
Tidak ada komentar:
Posting Komentar